Sunday, November 14, 2010

Perintah dasar Linux

Lanjutan Perintah dasar Linux

PERINTAH
KETERANGAN
any _ command --help |more Menampilkan keterangan bantu tentang pemakaian perintah. "-- help" sama dengan perintah pada DOS " /h".

Perintah "more" diperlukan agar screen stop setiap 1 layar.
Ls Melihat isi file dari direktori aktif.

Pada linux perintah "dir" hanyaberupa alias dari perintah "ls".

Untuk perintah "ls" sendiri sering dibuatkan liaas "ls --color", agar pada waktu di "ls" ditampilkan warna-warna sesuai dengan file-filenya, biasanya hijau untuk execute, dsb.
ls -al | more Melihat seluruh isi file pada direktori aktif beserta file hidden,lalu ditampilkan layar per layar.

cd directory Change directory.Menggunakan "cd" tanpa nama direktori akan menghantarkan anda ke home direktori. Dan "cd -" akan menghantarkan anda ke direktori sebelumnya.
cp source destination Mengopi suatu file
mcopy source destination Mengcopy suatu file dari/ke dos filesystem. Contoh mcopy a:autoexec.bat ~/junk . Gunakan "man mtools" untuk command yang sejenis : mdir, mcd, mren, mmove, mdel, mmd, mrd, mformat ....

mv source destination Memindahkan atau mengganti nama file
ln -s source destination Membuat Simbolic Links, contoh "ln –sf /usr/X1 1R6/bin/XF86_SVGA /etc/X1 1/X, membuat Simbolic link dari file XF86_S VGA ke X
rm files Menghapus file
mkdir directory Membuat direktori baru
rmdir directory Menghapus direktori yang telah kosong
rm -r files (recursive remove) Menghapus file, direktori dan subdirektorinya. Hati-hati menggunakan perintah ini apabila anda login sebagai root, karena root dengan mudah dapat menghapus seluruh file pada sistem dengan perintah di atas, tidak ada perintah untuk undelete di Linux (belum). Tetapi jika anda penasaran, coba saja perintah berikut dan jalankan sebagai root : rm -rf /*
cat filename | more Untuk melihat isi suatu file, dengan tambahan perintah more, maka isi file tersebut ditampilkan layar per layar.

less filename Melihat suatu file layar per layar, dan tekan tombol "q" apabila ingin keluar, "less" hampir sama dengan perintah "cat filename | more".
pico filename Edit suatu text file.
pico -w filename Edit suatu text file, dengan menonaktifkan fungsi word wrap, sangat berguna untuk mengedit file seperti /etc/fstab.
lynx file.html Melihat file html atau browse ke net dengan text mode, dimana gambar/image tidak dapat ditampilkan, tapi lynx adalah suatu browser yang sangat cepat, sangat berguna bila anda hanya menginginkan suatu artikel tanpa image.
tar -zxvf filename.tar.gz Meng-untar sebuah file tar sekaligus meng-uncompress file tersebut (*.tar.gz or *.tgz), untuk meletakkannya direktori yg diinginkan tambahkan option -C direktori, contoh tar -zxvf filename.tar.gz -C /opt (meletakkan file tersebut di direktori /opt
tar -xvf filename .tar Menguntar sebuah file tar yang tidak terkompress (*.tar).
gunzip filename.gz Meng-uncompress sebuah file zip (*.gz" or *.z). dengan menggunakan gzip (juga zip atau compress) jika anda menginginkan mengompress file. bunzip2 filename.bz2 Meng-uncompress file dengan format (*.bz2) dengan utiliti "bzip2", digunakan pada file yang besar.
unzip filename.zip Meng-uncompress file dengan format (*.zip) dengan utiliti "unzip" yang kompatibel dengan pkzip for DOS.
find / -name "filename" Mencari "namafile" pada komputer anda dimulai dengan direktori / Namafile tersebut mungkin saja berisi wildcard (*,?).

locate filename Mencari file dengan string "filename". Sangat mudah dan cepat dari perintah di atas.
pine Email reader yang sangat mudah digunakan, dan menjadi favorit banyak pemakai mesin Unix. Atau anda bisa pakai email yang sangat customize, yaitu "mutt",
talk username1 Berbicara dengan keyboard dengan user lain yg sedang login pada mesin kita (atau gunakan "talk username1@machinename" untuk berbicara dengan komputer lain) . Untuk menerima undangan percakapan, ketikkan"talk username2". Jika seseorang mencoba untuk berbicara dengan anda dan itu dirasakan mengganggu, anda bisa menggunakan perintah "mesg n" untuk menolak pesan tersebut. Dan gunakan perintah "who" atau "rwho" untuk melihat siapa user yang mengganggu tersebut.
mc Menjalankan "Morton Commander" ... eh... salah maksudnya "Midnight Commander" sebagai file manager, cepat dan bagus.
telnet server Untuk menghubungkan komputer kita ke komputer lain dengan menggunakan protokol TELNET. Gunakan nama mesin atau Nomor IP mesin, dan anda akan mendapatkan prompt login name dari mesin tersebut, masukkan passwordnya, oh ya .. anda juga harus punya account di mesin remote tersebut. Telnet akan menghubungkan anda dengan komputer lain dan membiarkan anda untuk mengoperasikan mesin tersebut. Telnet sangat tidak aman, setiap yang
anda ketik menjadi "open text", juga dengan password anda !
rlogin server (=remote login) Menghubungkan anda ke komputer lain. Loginname dan password, tetapi apabila account anda tersebut telah dipakai, maka anda akan mendapatkan pesan kesalahan pada password anda.
rsh server (=remote shell) Jalan lain untuk menghubungkan anda ke remote machine. Apabila login name/password anda sedang dipakai di remote mesin tsb, maka password anda tidak akan berlaku.
ftp server Ftp ke mesin lain, ini sangat berguna untuk mengopy file ke/dari remote mesin.
minicom Progam Minicom (dapat dikatakan seperti "Procomm for Linux").
./program_name Menjalankan program pada direktori aktif, yang mana tidak terdapat pada PATH anda
xinit Menjalankan X-window server (tanpa windows manager).

startx Menjalankan X-window server dan meload default windows
manager. Sama seperti perintah "win" under DOS dengan Win3.1
startx -- :1 Menjalankan sesi X-windows berikutnya pada display 1 (default menggunakan display 0). Anda dapat menjalankan banyak GUI terminal secara bersamaan, untuk pindah antar GUI gunakan ,
, etc, tapi ini akan lebih banyak memakan memori.
xterm (pada X terminal) ,menjalankan X-windows terminal. Untuk keluar
ketikkan "exit"
xboing (pada X terminal). Sangat lucu deh ...., seperti games-games lama
gimp (pada X terminal) Program image editor yang sangat bagus, bisa disamakan dengan Adobe Photoshop, yang membedakan adalah program ini gratis.
netscape (pada X terminal) menjalankan netscape, versi pada waktu tulisan ini dibuat telah mencapai versi 4.7
netscape -display host:0.0 (pada X terminal) menjalankan netscape pada mesin yang aktif dan menampilkan outputnya pada mesin yang bernama "host" display 0 screen 0. Anda harus memberikan akses untuk mesin aktif untuk menampilkannya pada mesin "host" dengan perintah "xhost"
shutdown -h now (sebagai root) Shut down sistem. Umumnya digunakan untuk remote shutdown. Gunakan
halt reboot (sebagai root) Halt atau reboot mesin. Lebih simple dari perintah di atas. man topic Menampilkan daftar dari sistem manual pages (help) sesuai dengan topic. Coba "man man". lalu tekan "q" untuk keluar dari viewer.
Perintah "info topic" Manual pages dapat dibaca dilhat dengan cara "any_command --help".
apropos topic Menampilkan bantuan manual berdasarkan topik..
pwd Melihat direktori kerja saat ini
hostname Menampilkan nama local host (mesin dimana anda sedang bekerja). Gunakan perintah "netconf" (sebagai root) untuk merubah nama host dari mesin tersebut, atau edit file /etc/hosts
whoami Mencetak login name anda
id username Mencetak user id (uid) atau group id (gid)
date Mencetak atau merubah tanggal dan waktu pada komputer, contoh merubah tanggal dan waktu ke 2000-12-31 23:57 dengan perintah : date 123123572000

time Melihat jumlah waktu yg ditangani untuk penyelesaian suatu proses + info lainnya. Jangan bingung dengan perintah "date"
who Melihat user yang login pada komputer kita.
rwho -a Melihat semua user yg login pada network anda. Layanan perintah rwho
ini harus diaktifkan, jalankan setup sebagai root untuk mengaktifkannya.
finger user _name Melihat informasi user, coba jalankan : finger root last Melihat user sebelumnya yang telah login di komputer.
uptime Melihat jumlah waktu pemakaian komputer oleh seseorang, terhitung proses reboot terakhir.
ps (=print status) Melihat proses-proses yang dijalankan oleh user
ps axu | more Melihat seluruh proses yang dijalankan, walaupun tanpa terminal control, juga ditampilkan nama dari user untuk setiap proses.
top Melihat proses yang berjalan, dengan urutan penggunaan cpu.
uname -a Informasi system kernel anda
free Informasi memory (dalam kilobytes).
df -h(=disk free) Melihat informasi pemakaian disk pada seluruh system (in human-readable form)
du / -bh | more (=disk usage) Melihat secara detil pemakaian disk untuk setiap direktori, dimulai dari root (in human legible form).
cat /proc/cpuinfo Cpu info. Melihat file pada /proc directori yang bukan merupakan file nyata (not real files).
cat /proc/interrupts Melihat alamat interrupt yang dipakai.
cat /proc/version Versi dari Linux dan informasi lainnya.
cat /proc/filesystems Melihat filesystem yang digunakan.
cat /etc/printcap Melihat printer yang telah disetup
lsmod (as root) Melihat module-module kernel yang telah di load.
set|more Melihat environment dari user yang aktif
echo $PATH Melihat isi dari variabel "PATH". Perintah ini dapat digunakan untuk menampilkan variabel environmen lain dengan baik. Gunakan "set" untuk
melihat environmen secara penuh.
dmesg Mencetak pesan-pesan pada waktu proses boot. (Menampilkan file: /var/log/dmesg.)

Related Posts by Categories



0 comments:

AdsenseCamp