Sunday, March 31, 2013

Tanaman Obat Alami Untuk Jerawat

Tanaman Obat - Jerawat dari dulu memang selalu jadi masalah utama yang menjengkelkan buat kita semua. Salah cara mengatasi, jerawatnya malah bertambah banyak dan bahkan muka jadi tambah jelek.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara alami dan tanaman obat yang bisa kita gunakan sendiri dirumah untuk mencegah jerawat ataupun obat jerawat. Mau tau caranya? Yuk simak tips dibawah ini:



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdnLRlXhsfuUAsaYevv0qFps8OndCj7EdIchH-Pnok6ZDB5rOmm2N1mh9Z2u0AqxlO6GfNVmaNB6i1H3I1tCuD8AjgvhSQ357-Mbndyr3T21DE7klxDZaaffYP0Bcnrzjt5HZ3rliWjOo/s1600/Khasiat+Daun+Sirih.jpg

* Cuci Muka dengan Air Seduhan Daun Sirih
Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga dapat digunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari.

* Uapan Daun Teh
Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas baru mendidih, lalu uapkan pada wajah yang berjerawat.

* Cuci Muka dengan Pembersih
Kulit wajah yang berminyak atau wajah yang mempunyai kecenderungan muncul jerawat harus dibersihkan dua kali sehari. Sangat dianjurkan mencuci muka dengan pembersih yang PH-nya sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang berjerawat.

* Cuci Muka dengan Air Es
Menurut pengalaman beberapa orang, membasuh wajah dengan air es juga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah.

* Potongan Kentang
Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.

* Masker Temulawak
Masker lain yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker temulawak akan membantu meningkatkan hasilnya.

* Masker Daun Jambu Batu
Tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium guajava) juga salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai masker antijerawat.

* Masker Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing wuluh bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).

* Masker Mengkudu
Sementara buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Masker mengkudu gak cuma mengatasi jerawat, panu, kulit yang keriput dan kering pun hilang lenyap, otot-otot muka menjadi lebih relaks.

* Masker Jeruk Nipis dan Tomat
Bisa juga dengan adonan masker Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan ke wajah pada malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya. Dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum).


* Masker Jagung Muda dan Bengkoang
Sedangkan untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat menggunakan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering.

Semoga bisa membantu kita semua dalam menghilangkan jerawat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah.


Info: Tanaman Obat

Related Posts by Categories



0 comments:

AdsenseCamp