Friday, April 17, 2009

Tips Pengertian Suplemen Makanan

Suplemen Makanan merupakan makanan kesehatan yang mengandung nutrisi makanan zat-zat gizi dan non-gizi; bisa dalam bentuk kapsul, kapsul lunak, tablet, bubuk, atau cairan yang fungsinya sebagai nutrisi makanan atau makanan nutrisi pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga agar vitalitas tubuh tetap prima. Sebagai pelengkap makanan nutrisi, suplemen makanan atau makanan kesehatan bukan diartikan sebagai pengganti (substitusi) makanan kita sehari-hari.

Komponen Yang Terkandung Dalam Suplemen

Suplemen makanan atau suplemen kesehatan umumnya berasal dari bahan-bahan alami tanpa tambahan zat-zat kimia walaupun pada vitamin tertentu ada yang sintetis. suplemen obat - suplemen obat seperti asam folat dalam bentuk sintetis memang lebih mudah terserap dalam tubuh, walaupun vitamin E dari bahan alami jauh lebih baik penyerapannya daripada yang sintetis.

Apakah suplemen = obat? Apakah suplemen bisa menggantikan obat?

Makanan Suplemen digolongkan sebagai nutraceutical, sedangkan obat-obatan masuk golongan pharmaceutical. Berbeda dengan obat-obatan yang harus diuji efektivitasnya secara klinis mengikuti serangkaian prosedur, suplemen makanan atau suplemen kesehatan ini khasiatnya tidak perlu dibuktikan melalui uji klinis. Sampai saat ini pun jenis nutraceutical boleh dijual secara bebas tapi tidak boleh diklaim memiliki khasiat untuk mengobati penyakit seperti halnya obat-obatan. Di Indonesia suplemen makanan dimasukkan dalam golongan makanan, bukan obat. Peraturan Menteri Kesehatan No. 329/Menkes/Per/XII/76 menyatakan, makanan suplemen sebagai barang yang untuk dimakan dan diminum tetapi bukan sebagai obat.
Namun akibat pengaruh iklan yang menarik bahwa obat suplemen makanan dapat menyembuhkan atau mencegah penyakit ini dan itu, timbullah kerancuan. Tentu di sini peranan Ditjen POM (Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan), Departemen Kesehatan RI, sangat penting dalam menentukan masalah labelling, claim, serta etika periklanan untuk melindungi konsumen.
Suplemen makanan jangan dianggap sebagai obat suplemen dewa yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Peranannya dalam membantu proses pencegahan dan penyembuhan serta rehabilitasi penyakit tertentu memang bisa digunakan. Bukti-bukti ilmiah untuk zat gizi tertentu seperti zat antioksidan, asam lemak esensial (omega-3), memang sudah menunjukkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan dalam suatu seminar di FKUI pernah dibahas beberapa khasiat bahan alami seperti temulawak, bawang putih, bawang merah, dan tempe sebagai antioksidan penangkal senyawa radikal bebas. Kembali pada slogan "Aku Cinta Makanan Indonesia" (ACMI), perlu diingat bahwa sebenarnya makanan tradisional Indonesia dalam pola makan sehari-hari mengandung bahan alami yang banyak mengandung antioksidan.

http://merpatiduta.blogspot.com/



Dapatkan informasi menarik seputar makanan suplemen - makanan kesehatan - suplemen kesehatan - nutrisi makanan - obat suplemen hanya di makanan suplemen-suplemen kesehatan: nutrisi makanan-obat suplemen 88db.com

Related Posts by Categories



0 comments:

AdsenseCamp