Wednesday, April 15, 2009

Peranan Sektor Pertanian di Bandung Jawa Barat

Karena masih besarnya potensi produk pangan produk pertanian di Kota Bandung, maka Pemkot Bandung tetap berkomitmen untuk mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produk pangan dan produk pertanian lokal. Kebijakan ini antara lain, mengembangkan model pertanian perkotaan melalui pemilihan komoditas pertanian yang memiliki produktivitas dan nilai ekonomi tinggi, serta ruang pasar yang lebih luas, diantaranya tanaman hias, ikan hias, penggemukan sapi potong serta industri pengolahan hasil pertanian teknologi pangan.

“Potensi ini, menjadi alasan kenapa Saya tetap mempertahankan dan memandang penting, Dinas Pertanian dan Dinas Pertamanan di Kota Bandung,” kata Walikota Bandung, H Dada Rosada SH. MSi dalam acara temu wicara komunitas pertanian dan gelar agro bisnis hasil pertanian, di Metro Trade Centre (MTC), Jalan Soekarno Hatta Bandung, Kamis (5/6/08).



Lebih lanjut dikatakan walikota, selama ini Pemkot Bandung telah melaksanakan pembinaan teknologi pangan atau teknologi pertanian pasca panen dan pemasaran, diantaranya melalui pemberian bantuan obat pertanian sarana usaha olahan hasil pertanian, modal usaha peternakan, perikanan dan peternakan, promosi, gelar pasar agribisnis serta pelatihan teknologi produk obat pertanian.

Gelar pasar agribisnis produk unggulan ini, menurutnya merupakan media untuk mengembangkan produk pertanian pangan Kota Bandung agar lebih berkualitas dan berdaya saing sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani di Kota Bandung.



“Kegiatan ini sekaligus merupakan sarana promosi dan publikasi bagi produk pertanian pangan yang berkualitas, untuk membangun kesan bahwa produk-produk pertanian Kota Bandung memiliki keunggulan kompetitif, sehingga Bandung mendapat penghargaan dari Menetri Pertanian RI melalui petani terbaiknya, ” kata walikota.

Dari sisi produksi khususnya dalam 5 tahunn terakhir, warga dan Pemkot Bandung patut berbangga hati karena meningkatnya kualitas produk pangan pertanian yang layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan karena berkat pemahaman teknologi produk atau teknologi pertanian, yaitu dari 78 % menjadi 84 % pada Tahun 2007. Sedangkan dari sisi pelaku usaha pertanian, terjadi peningkatan dari 830 orang pada Tahun 2003 menjadi 1.880 orang pada Tahun 2007 atau meningkat 126,51 %.

“Saya berharap, gelar pasar ini akan menjadi event tahunan yang dapat memasarkan produk dan hasil olahan pangan pertanian Kota Bandung di pasar regional, nasional bahkan internasional. Kepada para petani saya juga berharap lebih tekun lagu menjalani profesinya, guna menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sehingga membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan dan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya,” ujarnya.



http://www.bandung.go.id/



Temukan informasi menarik mengenai teknologi pertanian | obat pertanian | teknologi pangan | teknologi produk | produk pertanian | produk pangan | pertanian pangan | pertanian pangan hanya di teknologi pertanian&pangan:teknologi produk pertanian&obat pertanian bandung jawa barat 88db.com

Related Posts by Categories



0 comments:

AdsenseCamp