Tuesday, April 14, 2009

Manfaat Daur Ulang Sampah Kertas

Kegiatan warga dalam mengelola sampah yang telah dipilah adalah sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat. Sebagian produksi kompos dan kertas daur ulang dapat diperjualbelikan untuk kebutuhan berbagai design paper bag dan kemasan paperbag custom yang akan terus berkembang ke depan. Seperti halnya di paperbag design yogyakarta yang menjual segala macam bentuk design paper bags,design paperbag, paperbag design,paper bags design,custom paperbag,paper bag design,paper bags custom, custom paper bag semuanya ada disini dan semuanya terbuat dari kertas dan bisa di daur ulang.

Program pemberdayaan terhadap masyarakat wajib dioptimalkan serta diharapkan terus berkembang. Dengan program pemberdayaan daur ulang menjadi fungsi kemasan paperbag custom menjadi harapan utama untuk membantu sebagai solusi alternatif perekonomian masyarakat. Selain itu, kepedulian tentang lingkungan juga akan terus ditumbuhkan.

Sekilas Pemahaman tentang
reduce, reuse dan recycle (3r)

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah 3R diatas yang sering didengungkan oleh banyak pencinta lingkungan. 3R itu adalah reduce, reuse and recycle. Kita akan tambahkan 3R tersebut menjadi 4R dengan adanya Repair.

Reduce berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang anda tidak “terlalu” butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan. Kurangi juga penggunaan kertas tissue dengan sapu tangan, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online, dan lainnya.

Reuse sendiri berarti pemakaian kembali seperti contohnya memberikan baju-baju bekas anda ke yatim piatu. Tapi yang paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara anda, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai masih bagus dan bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan.

Recycle adalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah anda, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi design paper bag atau paper bag design.Daur ulang secara besar-besaran belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Tempat sampah yang membedakan antara organik dan non-organik saja tidak jalan.

Repair menjadikan 3R menjadi 4R.

Repair memang banyak dilupakan oleh banyak orang, dan ini sebenarnya adalah hal yang terpenting di Indonesia. Repair adalah usaha perbaikan demi lingkungan. Contoh memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti sepatu jebol yang kita perbaiki karena dengan begitu kita tidak perlu membeli sepatu baru. Hal lain yang lebih besar adalah reboisasi atau perbaikan lahan kritis karena dengan ini kita bisa memiliki daerah resapan yang lebih besar dan menahan limpahan air yang bisa menyebabkan longsor. Penanaman bakau juga merupakan perbaikan lingkungan. Vulkanisir ban juga repair sehingga dapat kita reuse.

Produk yang kerap dengan kertas menjadi bahan pakai adalah art paper,salah satu yang telah dikembangkan oleh paperbag design yogyakarta yang mengembangkan design paper bags,design paperbag,paperbag design,paper bags design,custom paperbag,paper bags custom,custom paper bag,dari kertas dan dapat di daur ulang.

http://greengraphic.blog.mediaindonesia.com



Temukan Informasi menarik lainnya mengenai design paper bag - design paper bags - design paperbag - paperbag design - paper bags design - custom paperbag - paper bag design - paper bags custom - custom paper bag - paperbag custom hanya di design paper bag & paper bags custom : design paperbag & paperbag design yogyakarta 88db.com

Related Posts by Categories



0 comments:

AdsenseCamp