Wednesday, March 25, 2009

Memilih Depot Air Minum Isi ulang Yang Baik

Rendahnya kualitas air mendorong masyarakat untuk beralih mengkonsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) atau air minum isi ulang. Akibatnya, pengusaha depot air minum isi ulang kini menjamur hingga pelosok daerah.

Sutrisman, Ketua Asosiasi Pengusaha Depot Air Minum (Aspada) mengatakan bahwa keadaan ini berarti membuka peluang masyarakat untuk berbisnis air minum. Masalahnya, tidak semua masyarakat yang berkecimpung dalam bisnis air minum isi ulang tersebut mengetahui standar air minum yang layak dikonsumsi. “Untuk mengetahui depot air minum isi ulang yang memenuhi standar kelayakan atau tidak, bisa dilihat dari caranya saat membersihkan galon air sebelum diisi ulang air minum produksinya,” kata Sutrisman saat menjadi narasumber Panduan Konsumen di radio JJFM, Rabu (9/1).

Sebelum diisi ulang air minum, mereka harus memastikan bahwa galon dalam kondisi higienis, tidak kotor, tidak berbau, tidak berlumut, dan tidak berminyak. Selanjutnya, bagian dalam galon dicuci dengan desinfektan, lalu dibilas dengan menggunakan air hasil atau air minum isi yang siap dikonsumsi. “Pelanggan boleh protes kalau galonnya ternyata dibilas dengan air tandon atau air minum isi mentah. Karena seharusnya, galon itu dibilas dengan air hasil. Begitu juga dengan si pengusaha depot air minum. Mereka boleh menolak kalau menerima galon yang tidak memenuhi syarat kebersihan,” sarannya.

Diakui bahwa selama ini banyak pengusaha depot air minum yang mendapatkan sumber air dari mata air pegunungan. Berdasarkan Peraturan Menperindag no. 651 Tahun 2002, pemilik depot isi ulang air minum harus memiliki hasil tes laboratorium yang membuktikan sumber airnya memenuhi syarat kesehatan. “Agar air tidak terkontaminasi di jalan, maka waktu pengiriman dibatasi sekitar 3 jam. Tutup mainhole mobil tangki juga harus dalam kondisi di-segel,” katanya.

Jika melihat tingginya standar kualitas bahan baku yang ditetapkan, maka dapat dipastikan bahwa air hasil produksi depot air minum isi ulang tersebut layak dikonsumsi. Namun masalahnya, tidak semua pengusaha depot air minum isi ulang memenuhi aturan tersebut. Bahkan, menurut hasil penelitian IPB beberapa saat lalu, dari 120 sampel air minum yang diambil di depot isi ulang air minum di 10 kota, 16 persen diantaranya terkontaminasi bakteri coliform.

“Air yang mengandung bakteri coliform berarti telah terkontaminasi tinja dan tidak layak minum. Kalaupun terlanjur di konsumsi, maka dapat menyebabkan diare. Bahkan bisa juga timbul bakteri lain, seperti salmonella cholera yang menyebabkan kolera dan salmonella typhosa yang menyebabkan tifus,” jelas dr. Santi Martini MKes, pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Surabaya.

Untuk itu, dr. Santi minta agar masyarakat memperhatikan 3 syarat utama sebelum mengkonsumsi air, yaitu syarat fisik, kimiawi, dan radioaktif. Syarat fisik, maksudnya, air tersebut tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna. Syarat kimia berarti air tersebut harus bebas dari bahan kimia, tidak mengandung amoniak, pestisida, dan kandungan aluminium tidak melebihi batas maksimal yang ditentukan. Air layak konsumsi juga harus mengandung radioaktif di bawah batas maksimal yang ditentukan.seperti di depot isi ulang air reverse osmosis.

Tidak hanya itu, depot air minum juga harus mendapatkan sertifikasi dari Departemen Kesehatan dan mendapat pemeriksaan air baku dari Depkes setiap 3 bulan sekal. “Untuk keamanan, sebaiknya pilih depot air reverse osmosis.Kalau tidak ada, konsumen berhak menanyakannya. Konsumen juga harus jeli,” sarannya. (lee)

http://jjfm.wordpress.com/

Temukan informasi menarik lainnya tentang depot air minum isi ulang - depot air minum - depot air minum isi - depot isi ulang air minum - air minum - air minum isi - air minum isi ulang - isi ulang air minum - air reverse osmosis hanya di depot air minum isi ulang : isi ulang air minum reverse osmosis depok jawa barat 88db.com

Related Posts by Categories



1 comments:

AIR MINUM ISI ULANG UF-RO-HEXAGONAL (AIR MINUM KESEHATAN) said...

Bisnis Isi Ulang Air minum kesehatan, alternatif solusi bisnis Anda/ Depot+mesin air minum hexagonal (air kesehatan) dgn teknologi terkini, Hasil air 10.000 kali kualitas air minum biasa (mineral)/ lebih murah dr Tek. Isi Ulang Konvensional, harga mulai dr Rp. 8 Juta/ dengan air baku-sumber dari air apa saja?/ Hemat listrik?/ Kompak?/ Cap. 60/ 120/ 200 Galon Per hari?/ Lemari Alumunium atau Stainless Steel?/ Knockdown (siap Kirim) --> Untuk Home Bisnis/ Kantor/ Hotel / Restoran/ Industri/ Rumah Sakit dll, Hub: 022-70100070 / 0811236923, Silahkan Cek di tirtakalimaya.indonetwork.co.id/prod

AdsenseCamp