Monday, March 30, 2009

Artikel Foto Kilat Yang Telah Hilang

Masa pendaftaran masuk sekolah adalah masa panen bagi pengusaha jasa cuci foto atau bisnis cetak foto , karena banyak calon siswa yang memanfaatkan jasa cuci foto atau cetak foto murah .Pak Jamal, yang saya temui pagi itu di lapak cuci foto kilatnya cetak foto murah yang berupa gerobak yang dimodifikasi,mengakui bahwa dalam sehari dia bisa dapat penghasilan hingga ratusan ribu rupiah, bahkan mencapai satu jutaan. Sehari sebelumnya, saya tidak memiliki kesempatan berbincang dengannya, karena antrian pelanggan yang hendak cuci cetak photo.Barulah pada hari senin, saat pendaftaran anak sekolah sudah berakhir, dia bisa meluangkan waktunya untuk ngobrol. Menurutnya, kalau bukan musim pendaftaran sekolah atau tenaga kerja usahanya menjadi sepi, dia hanya bisa dapat paling banyak Rp 50ribu sehari bahkan terkadang tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, selain menekuni usaha cuci cetak foto kilat ini, dia juga mencoba bisnis sampingan lainnya.

Jasa cuci cetak foto kilat atau cuci foto murah, yang kalau di pulau Jawa dikenal dengan sebutan afdruk, merupakan profesi yang ditekuninya sejak tahun 1984 sampai sekarang. Bermula ketika berkenalan dan menjadi asisten seorang fotografer asal Belanda, Mr Jacoop, dia belajar teknik cuci cetak foto. Kala itu, di setiap akhir pekan, Mr Jacoop mengajaknya ‘ hunting’ di pulau Kayangan, Kodingareng atau pulau-pulau lainnya sekitar Makassar. Setelah kembali, mereka bersama-sama mencuci foto-foto itu di ruang gelap milik Mr Jacoop. Ketika Mr Jacoop kembali ke Belanda, Jamal telah terampil mencuci photo. Dia menjadikan keterampilan barunya itu sebagai peluang untuk memulai bisnis cetak foto cuci foto murah, dan dengan honornya dari Mr Jacoop, dia membeli alat cuci cetak foto yang saat itu berharga Rp 200,000. “Kalau dinilai dengan harga sekarang, sudah Rp 18juta,” katanya dengan bangga.

Lapak cetak fotonya itu sekaligus berfungsi sebagai ruang gelap untuk cuci cetak foto. Disanalah alat cetak foto itu disimpan. Peralatan lainnya yang dia pergunakan sangatlah sederhana; gunting, lampu petromaks, ember air. Ditengah lapak dibuatkan lubang kecil sebesar kelereng, dan persis dihadapan lubang itu ditempatkan sebuah lampu petromaks yang digunakan sebagai sumber pencahayaan di ruang gelap, juga penanda bahwa lapak cuci foto kilat ini buka dan siap menerima pesanan. Lampu petromaks ini juga difungsikan sebagai pengering cetak foto dengan memanfaatkan efek panas dari pijar lampunya. Guntingan-guntingan foto yang sudah dicetak tapi masih basah, setelah dilap secukupnya kemudian ditempatkan di atas penutup petromaks yang panas, sampai mengering. Dibawah lapak, saya lihat ada tiga ember berisi cairan. Salah satunya adalah larutan yang dia namakan Superbroom, cairan keras dan khusus yang digunakan untuk mencuci foto. Di dua ember lain, ditaruhnya larutan air biasa.

Diusianya yang menjelang 60 tahun, pak Jamal masih terlihat lincah. Bersama seorang temannya, kami berbincang dengan sangat akrab. Dia bercerita bahwa dengan usaha cetak foto kilat ini, dia sudah bisa membeli rumah, tanah dan sawah di kampungnya di Polmas. Kesemuanya adalah tabungan hasil usaha cuci foto kilatnya, terlebih ketika masih jayanya dulu. Anaknya enam orang, semuanya disekolahkan dengan hasil usaha ini. Tiga orang anaknya sudah kuliah; dua di UNM, satu lagi di Universitas 45. Anak ke 3 dan ke-4 saat ini sudah duduk di bangku SMA Negeri 5 dan SMAN 24, sedang yang bungsu masih sekolah di SMPN 12 Makassar. Dia dengan bangganya menceritakan bahwa ke-enam anaknya tergolong jenius, sangat cerdas. Mereka semuanya mendapat nilai bagus di ujiannya, dan mendapat peringkat atas. Anak sulungnya yang kuliah di Sastra Inggris UNM kini sudah bekerja sebagai pengajar honorer di SMAN 17, dan sering menjadi penerjemah juga. Bibirnya tersenyum lebar setelahnya, bangga.Sayang sekali cuci cetak foto Jakarta dahulu banyak di temukan di mana- mana, cetak foto Jakarta atau afdruk di Jakarta pun sudah sangat sulit ditemukan karena telah tergusur oleh cuci foto digitalisasi.

http://daengrusle.com/

Temukan informasi lainnya mengenai cuci cetak - cetak foto - cetak foto murah - jasa cuci foto - cuci foto - bisnis cetak foto - cuci foto murah - cetak foto Jakarta hanya di cuci cetak & cetak foto murah : jasa cuci foto & bisnis cetak foto jakarta 88db.com

Related Posts by Categories



0 comments:

AdsenseCamp